Toko Buku Online, Sebulan Terima Order 100 Judul

Dipublikasikan pada Rabu, 19 November 2014 17:24 Hits: 202
Toko Buku Online, Sebulan Terima Order 100 Judul
Foto/int
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU - Bisnis online kian merambah kemana-mana, termasuk untuk penjualan buku. Salah satunya Zanafa.com, situs asal Pekanbaru, yang melayani penjualan buku di dunia maya.

Owner Zanafa.com, Hartono sekaligus pemilik toko Buku Diskon Zanafa menyatakan tren penjualan buku lewat online dirasa semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari peran teknologi yang kian canggih dan mudah diakses cuma lewat ponsel.

"Untuk penjualan buku via online prospeknya sangat bagus," ujarnya Rabu (19/11/2014). Dirinya menyebutkan di situs Zanafa.com dalam sebulan bisa menerima order hingga 100 judul. "Rata-rata sekitar 100 buku terjual, karena satu orang terkadang memesan lebih dari satu judul," jelasnya.

Toko buku yang memiliki lebih dari 53.000 judul buku ini, juga menerima pesanan dari luar Kota Pekanbaru. "Kebanyakan malah luar Pekanbaru, yang dari Kalimantan dan Sulawesi juga pernah pesan," sebutnya.

Hal tersebut didukung melonjaknya jumlah pengguna internet di Indonesia. Sehingga muncullah istilah Electronic Commerce (e-Commerce), yakni proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Namun bagi Hartono, yang juga Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Faste) UIN Suska Riau ini, kendati jual beli buku online sedang marak. Hal tersebut tidak serta merta mematikan pembelian buku secara manual.

Sebab terkadang, masyarakat tidak sekedar membeli, namun juga ingin merasakan suasana di dalam toko buku yang memberi kenyamanan. "Tetap ada juga pembeli yang datang ke toko-toko buku, jadi tetap ada peminatnya. Situs online tidak serta merta menghapus pembelian secara manual," katanya. (riki)
Share: