Tips Toko Buku Unggul (2): Terapkan Manajemen Terbuka

Dipublikasikan pada Sabtu, 22 November 2014 14:41 Hits: 160
Tips Toko Buku Unggul (2): Terapkan Manajemen Terbuka
Foto/int
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU - Dengan melakukan survei terlebih dahulu, maka bisnis lebih mudah untuk berjalan secara lebih terkonsep sesuai apa yang diharapkan. Namun yang tak kalah penting dalam mengembangkan toko buku menurut Owner Toko Buku Diskon Zanafa, Dr Hartono MPd adalah lokasi dan manajemen.
Lokasi turut menunjang sukses tidaknya toko buku. Lokasi strategis, juga menyumbang sukses tidaknya usaha toko buku yang didirikan. "Seperti Zanafa, saya memilih Kompleks Giant di Panam karena mempertimbangkan aspek strategis berada di wilayah yang tengah berkembang dan berada tidak jauh dari Universitas dan sekolah-sekolah," sebutnya.

Kemudian kenyamanan, bagaimana membuat agar pengunjung merasa betah berkunjung ke toko buku. "Kenyamanan itu penting, bisa dari desain dekorasi, pilihan warna, ada tidaknya AC. Sehingga membuat pengunjung betah dan nyaman bila datang ke toko buku kita," sebutnya.

Selain itu dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), karyawan mesti memiliki sikap yang bersahabat. "Seperti murah senyum dan melayani pengunjung dengan ramah," katanya.

Fasilitas pendukung seperti mesin pencari juga dapat menjadikan keunggulan tersendiri. "Karena bagi pembeli yang tidak punya banyak waktu, cukup lihat di mesin pencari masih ada tidak stok buku. Sehingga lebih efisien dan tidak membuang waktu," katanya.

Lalu untuk kerjasama dengan penerbit juga harus terbuka. "Selama ini Zanafa menerapkan managemen yang terbuka. Penerbit bisa lihat berapa stok buku yang ada lewat online. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi," tuturnya.  Bahkan kata Hartono tak jarang penerbit tersebut mempromosikan ke penerbit lain, bahwa di tempat kita managemennya baik.

Selain itu kunci agar bisnis toko buku menjadi sukses yakni menjaga kepercayaan. "Sehingga penerbit maupun pengunjung tidak kecewa saat beradda di toko buku kita," ujarnya. (riki)
Share: