PROFIL PENERBIT & TOKO BUKU ZANAFA

Logo Zanafa



PROFIL ZANAFA
Motto : “Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa” 

ZANAFA adalah usaha yang bergerak dibidang penerbitan dan penjualan buku (Distributor dan Toko Buku).Saat ini ada dua jenis usaha yang sudah berjalan, yaitu penerbit ZANAFA PUBLISHING dan Toko buku ZANAFA.
Penerbit ZANAFA PUBLISHING sudah menerbitkan lebih dari 100 judul buku baik yang diterbitkan sendiri maupun yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan (Sekolah dan Perguruan Tinggi) dan penerbit terkemuka tingkat nasional. Buku-buku yang diterbitkan meliputi semua bidang ilmu, baik buku  agama maupun buku umum. Pemasaran buku-buku terbitan zanafa dilakukan melalui distributor Adipura Yogyakarta dan Nusa Media Bandung. Dua distributor ini memasarkan buku-buku terbitan zanafa ke seluruh wilayah Indonesia, baik toko buku tradisional maupun toko buku moderen.
Toko buku ZANAFA dibuka secara resmi tanggal 15 Mei 2009. Walaupun persiapan dan operasionalnya sudah dimulai sejak tahun 2008 di Jl. HR. Subrantas Panam Tampan Pekanbaru.Saat ini toko buku zanafa sedang akan mengembangkan usaha dengan membuka cabang di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya dengan memilih tempat yang strategis.

Toko Buku Panam Pekanbaru

A.    LATARBELAKANG BERDIRINYA
Owner zanafa memulai usaha sejak tahun 1998 di Yogyakarta. Setelah menyelesaikan pendidikan di STTKOM (Sekolah Tinggi Teknik Komputer) Yogyakarta langsung membuka usaha service komputer, rental komputer, Jual beli komputer baru maupun second dan Assesoris komputer serta desain grafis dengan nama BETA KOMPUTER. Usaha di bidang komputer ini rencananya akan diteruskan dan dikembangkan di Pekanbaru, namun setelah membaca pasar dan survei di lapangan peluangnya agak kecil untuk bersaing dengan kompetitor yang ada. Peluang usaha perbukuan nampaknya lebih menjanjikan di bandingkan komputer. Akhirnya memutuskan masuk ke usaha perbukuan dengan membuat penerbitan dan toko buku. Awal 2008 planning disusun dengan menjalin kerjasama dengan berbagai penerbit, distributor dan suplayer seluruh Indonesia, begitu juga penentuan tempat usaha penerbit dan toko buku memilih lokasi yang strategis walaupun biaya operasionalnya agak mahal.
Tahun 2008 di Pekanbaru belum ada toko buku dengan konsep toko buku diskon seperti Sosial Agency Baru (SAB) Yogyakarta, Toga Mas, dan toko buku diskon di Palasari Bandung dll. Zanafa mencoba membuat konsep toko buku diskon semua buku dengan harga penerbit. Selama ini konsep diskon yang berkembang di masyarakat adalah barang dinaikkan dulu baru didiskon. Zanafa ingin mematahkan pandangan seperti itu, bahwa diskon toko buku zanafa adalah diskon yang sesungguhnya dengan tidak menaikkan harga buku. Katalog penerbit sengaja diletakkan di kasir untuk membuktikan bahwa diskon zanafa adalah diskon yang benar tidak ada rekayasa harga.
Usaha penerbitan dan toko buku juga di dorong oleh semangat untuk membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa. Hal ini menjadi motto zanafa yaitu: BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA. Namun untuk mencapai maksud tersebut tentu banyak menghadapi berbagai persoalan antara lain, krisis ekonomi, rendahnya daya beli masyarakat, rendahnya semangat baca masyarakat dan harga buku yang semakin mahal. Oleh karena itu sebagai warga negara perlu melakukan usaha-usaha antara lain adalah:
  1. Membuat toko buku diskon guna membantu masyarakat mendapatkan buku murah dan mudah mendapatkan dengan pelayanan prima.
  2. Menciptakan rasa bangga dan bergengsi berkunjung ke toko buku.
  3. Menciptakan budaya cinta buku dan gemar membaca.
  4. Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menulis buku dan diterbitkan secara nasional, sehingga dikenal di seluruh Indonesia.
B.    NAMA
Nama ZANAFA yang terkesan kearab-araban sesungguhnya tidak punya arti khusus, karena nama itu diambil dari nama putra-putri pemilik usaha (Owner) yaitu ZAKI (Ahmad Zaki), NADA (Nada Fitria) dan FAHMA (Fahma Zakiyah).

C.     V I S I
Menjadi penerbit yang handal dan toko buku yang unggul dalam memberikan pelayanan ke konsumen.

 D.    M I S I
  1. Memberi kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan buku-buku berkualitas dengan harga bersaing.
  2. Menciptakan imej sebagai toko buku yang nyaman dan bergengsi, sehingga masyarakat merasa senang dan bangga berkunjung ke toko buku.
  3. Memberikan pelayanan prima kepada pengunjung dengan selalu memperbaharui koleksi buku yang dijual di toko buku .
  4. Memberi kesempatan kepada penulis-penulis di Riau untuk dapat bersaing dengan penulis lainnya di Indonesia.
E.      TEMPAT USAHA
Tempat usaha ZANAFA berada di kompleks Metropolitan City (MTC) seluas 70.000m2. Sedangkan ZANAFA menempati gedung 3 lantai, lebar 15 m dan panjang 17m, sehingga luas seluruhnya 255 m2 x 3lantai = 765 m2.  Toko buku ZANAFA membagi display penjualan terdiri dari Lantai 1 untuk buku umum, Perguruan Tinggi, sekolah dan assesoris komputer. Lantai 2 untuk buku agama, buku anak-anak, atk, MP3, kalkulator dll., sedangkan lantai 3 untuk kantor Toko buku Zanafa dan penerbit ZANAFA PUBLISHING.

F.    FAKTOR PENDUKUNG
 Ada beberapa hal yang mendukung keberhasilan toko buku ZANAFA, yaitu:
1.  Lokasi tempat usaha
Tempat merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam mendukung kesuksesan penjualan produk yang dipasarkan toko buku, mengingat toko buku ZANAFA berada di Pusat bisnis strategis dan terpadat di Pekanbaru, yang terdiri dari mall giant dan ratusan usaha pendukung dalam bentuk kounter-kounter, dimana kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dari kompleks ini, maka toko buku ZANAFA menjadi salah satu pilihan masyarakat memenuhi kebutuhan Sekolah, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi dan Masyarakat umum mencari Alat Tulis Kantor dan literatur-literatur yang dibutuhkan.
2. Lembaga-Lembaga Pendidikan
Ada 2 perguruan tinggi besar yang sangat dekat dengan kompleks ini, yaitu UNRI (Universitas Riau) lk. 300m, UIN SUSKA (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) lk. 1,5 Km, Pondok Pesantren Darel Hikmah lk. 300m, disamping itu ada Akademi Perbankkan dan STIE lk 500m, Akademi Farmasi lk. 700m, dan ada SD, MI, MTs, SMP, SMA, SMKK yang tidak terlalu jauh dari lokasi. Sehingga keberadaan toko buku Zanafa akan menunjang kebutuhan siswa, mahasiswa guru dan lembaga pendidikan di sekitarnya.
3.  Persaingan
Di daerah Panam Pekanbaru belum ada toko buku yang lengkap dan besar, sehingga toko buku ZANAFA diharapkan dan diupayakan menjadi satu-satunya toko buku yang memiliki koleksi buku yang lengkap dan besar sehingga menjadi pilihan utama masyarakat.
4.  Toko Buku Diskon
Toko buku ZANAFA adalah satu-satunya toko buku dengan konsep toko buku diskon, sesuai dengan misinya membantu dan merangsang siswa, mahasiswa dan masyarakat membeli buku-buku yang diperlukan. Diskon diberikan sepanjang masa dari 5% s/d 75%.
5.  Tampilan dan Pelayanan
Toko buku ZANAFA berpenampilan elegan dan moderen, kesan tampilan luar yang mewah dan interior ruangan yang didesain oleh ahlinya membuat siapapun nyaman berada di dalamnya, pengunjung akan dimanjakan dengan mudahnya mencari katalog buku lewat komputer dan suasana nyaman full AC menambah betah berlama-lama di dalamnya untuk mencari buku-buku yang diperlukan.

G.    KERJASAMA
Managemen ZANAFA bekerjasama dengan suplayer, distributor, dan penerbit bahkan dengan siapapun yang punya kepedulian membantu masyarakat menyediakan buku murah, dengan mempertimbangkan aspek saling menguntungkan ke dua belah pihak. Selama ini ada tiga model kerjasama yang sudah dilakukan, yakni pembelian cash, kredit dan konsinyasi.

H.   PRODUK YANG DI JUAL
Toko buku ZANAFA menjual buku-buku dan barang-barang yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu Buku umum, buku agama, buku pelajaran SD,SMS,SMA, Alat Tulis Kantor, Buku tulis, Majalah, alat peraga, MP3, Kalkulator,  alfalink  dan lain-lain. Berdasarkan katalog yang ada di program komputer sebagai pendukung operasional toko buku Zanafa, saat ini sudah menjual  43.548 produk (judul buku dan barang lainnya), setiap judul buku terdiri dari 5-10 eksemplar.

I.  SISTEM MANAGEMENT
Managemen toko buku Zanafa menggunakan sistem komputerisasi, pembukuan barang-barang yang masuk dan laporan penjualan dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan membuat software khusus yang dirancang dan dibuat oleh ahlinya. Sumber daya manusia juga dipilih melalui seleksi dan dibina secara empirik, dengan latar belakang pendidikan dari SMA/MA sampai sarjana (S-1) management dan akutansi yang berkompeten.

J. ALAMAT
Alamat toko buku ZANAFA adalah:
Jl. HR. Subrantas Kompleks Metropolitan City(MTC)/Giant Blok A 39-41 Tampan Pekanbaru Riau. Telp. 0761-589935,  0761-589936 Fax. O761-589990 HP. 082387916640, Website: zanafa.com  Email: marketing@zanafa.com

Pekanbaru, Januari 2013


ZANAFA

9 komentar:

  1. jika pertanyaanxa seperti ini: soal
    1.skor 17= sulit , nilai siswa dpt 10
    2 skor 23 =sedang, nilai siswa dapt 20
    3.skor 30= mudah, niliai siswa dapat 20
    Berapakah nilai siswa itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pertanyaannya kurang lengkap. Silahkan kirim ke email hartono@uin-suska.ac.id

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum...
    salam kenal pak..
    saya mw brtanya mengenai kriteria kelulusan,,
    apakah KKM dr sekolah itu trmasuk dlm kriteria kelulusan purposif pak?
    Terimakasih atas perhatiannya pak..
    Assalamu'alaikum..

    BalasHapus
  3. bagus...
    kl boleh tw, rfrensinya apa yaa
    syukron,

    BalasHapus
  4. interpertasi skor tu kya gmana ya???
    n kalau buat mutltiple choise?
    thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pertanyaannya kurang lengkap. Silahkan kirim ke email hartono@uin-suska.ac.id dengan memberikan contoh kasus.

      Hapus
  5. apakah ada acuan dalam menetapkan bobot yang bpk misalkan : mudah 2 sedang 3 dan sukar 5....??

    BalasHapus
  6. total nilai ijazah adalah 64,13%, apabila di konversi dengan skala 4 berapa hasilnya?

    BalasHapus
  7. Maaf pertanyaannya kurang lengkap. Silahkan kirim ke email hartono@uin-suska.ac.id

    BalasHapus