EVALUASI BELAJAR BERBASIS ICT
(INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY)
Oleh : Dr. Hartono, M.Pd.
Pembelajaran berbasis ICT saat ini sudah menjadi
kebutuhan dunia pendidikan, karena proses pembelajaran menjadi lebih efisien
dan efektif. Siswa juga menjadi lebih tertarik karena sesuai dengan kehidupan
mereka yang sehari-harinya memanfaatkan teknologi. Siswa dapat berdiskusi,
chatting, mengirim pesan (SMS) menggunakan teknologi jaringan komputer dan
internet.
Proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi
diantaranya adalah E-Learning (Electronik
Learning). E-Learning sudah banyak digunakan di Sekolah dan Perguruan Tinggi
yang sudah memiliki pasilitas yang mendukung, diantaranya adalah Lokal Area
Network dan jaringan internet. Pembahasan berikut penekanannya adalah bagaimana
evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ICT, meliputi proses dan pengolahan
tes hasil belajar.
Membuat
format Ujian (evaluasi) menggunakan E-Learning
Evaluasi
berbasis ICT dengan menggunakan E-Learning dapat dilakukan bila pembelajarannya
juga berbasis E-Learning. Proses Pembelajaran dengan memanfaatkan ICT akan sangat membantu guru dalam
memanfaatkan waktu dan komunikasi yang lebih efisien dan tanpa batas. Pembelajaran
menjadi lebih menarik dan interaktif. Siswa dapat melakukan diskusi jarak jauh
dengan sesama teman dan guru.
Guru dapat menguji
kemampuan siswa dengan membuat serangkaian pertanyaan. Ada beberapa jenis tes
yang dapat digunakan oleh guru antara lain
pilihan berganda, benar-salah, isian, essay, menjodohkan,
dll.
Lakukan setting bentuk tes yang akan
digunakan selanjutnya barulah mengisi pertanyaan-pertanyaan. Mulailah dengan
meng-klik menu Add an activity pada
pertemuan tertentu (misalnya pertemuan ke-8).
Klik-lah pada menu pilihan Quiz, beberapa
saat kemudian akan muncul tampilan berikut:
Guru
harus melakukan pengaturan quis dengan mengisi kotak-kotak yang tersedia,
antara lain:
a. Open the quiz: Tanggal dan jam dimana quiz mulai
tersedia.
b. Close the quiz: Tanggal dan jam dimana quiz sudah
ditutup (selesai).
c. Time limit: Lamanya waktu penyelesaian quiz.
d. Time delay between first and second attempt: Jarak waktu yang
diperbolehkan mengulagi Quiz untuk yang kedua kalinya.
e. Time delay between later attempts: Jarak waktu yang
diperbolehkan mengulagi
Quiz
selanjutnya.
f. Question per page: Jumlah
soal/pertanyaan pada setiap halaman.
g. Shuffle questions: Pertanyaan dapat
disajikan secara acak setiap kali quiz diakses.
h. Shuffle answers: Jawaban (untuk soal pilihan
berganda dan menjodohkan) dapat
diacak
setiap kali suatu soal diakses.
i. Attempts allowed: Jumlah maksimum pengguna boleh
mencoba mengulangi quiz.
j. Each attempt builds on the last: Pilihan Yes
berarti setiap menjawab soal ulangan akan dipengaruhi hasil jawaban sebelumnya.
k. Adaptive mode: Untuk pilihan Yes, bila jawaban
salah, siswa diperbolehkan
menjawab
suatu soal berkali-kali hingga betul, akan tetapi akan ada penalti setiap
kali
jawaban salah.
l. Grading method: Untuk soal yang boleh diulang,
cara menentukan nilai akhir dapat dipilih misalnya: nilai tertinggi, rerata,
pertama, atau terakhir.
m. Apply penalties: Pilihan ini berkaitan dengan
Adaptive mode yang dipilih Yes.
n. Decimal digits in grade: Banyaknya angka
dibelakang koma dari suatu nilai.
o. Student may review: Pilihan ini akan
mengatur kapan siswa dapat mengetahui
respon,
skor, umpan balik, jawaban yang benar, dll.
p. Show quiz in a "secure" window: Soal akan
ditampilkan dalam windows khusus
guna
mengurai kemungkinan siswa berbuat curang.
q. Require password: Password dapat diberikan pada
Quiz.
r. Require network address: IP address yang
boleh mengakses Quiz bisa dimasukkan.
Setelah
selesai melakukan pengisian dan menekan tombol “Save changes”, maka akan muncul
halaman editing QUIZ sebagai berikut.
Untuk lebih jelasnya proses penggunaan E-Learning dapat di baca buku Panduan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) disusun Dr. Hartono, M.Pd yang diterbitkan oleh Pusat Komputer (Puskom) UIN Suska Riau.
Silahkan dicoba ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar