E-LEARNING
(Pembelajaran Elektronik)
A. LANDASAN E-LEARNING
1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 No. 15 Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.
3. Pasal 35 Ayat 1 Standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran,termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
B. KONDISI MAHASISWA
1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 No. 15 Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.
3. Pasal 35 Ayat 1 Standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran,termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
B. KONDISI MAHASISWA
Mahasiswa
sekarang ini bersosialisasi dengan cara yang sangat-sangat berbeda dibanding
orang tuanya. Per-tahun statistiknya mengagetkan:
1. lebih dari 10,000 jam bermain videogames,
2. lebih dari 200,000 pesan berupa (SMS, instant messages dan email) dikirim dan diterima,
3. lebih 10,000 jam bicara di HP,
4. lebih dari 20,000 jam menonton TV,
5. Lebih kurang 5,000 jam membaca buku.
1. lebih dari 10,000 jam bermain videogames,
2. lebih dari 200,000 pesan berupa (SMS, instant messages dan email) dikirim dan diterima,
3. lebih 10,000 jam bicara di HP,
4. lebih dari 20,000 jam menonton TV,
5. Lebih kurang 5,000 jam membaca buku.
C. SOFTWARE (APLIKASI) E-LEARNING
Software
atau aplikasi yang bisa digunakan untuk E-Learning antara lain adalah:
1. Adept http://sourceforge.net/projects/ adept
1. Adept http://sourceforge.net/projects/ adept
2.
Blackboard
http://www.blackboard.com/
3.
Bolinos
http://www.med-ia.ch/med-ia/bolinos/
4.
BSCW
http://bscw.gmd.de/
5.
Claroline
http://www.claroline.net/
6.
ClassAct
& ClassCampus http://www.ljgroup.com
7.
ClassWeb
http://classweb.ucla.edu/
8.
Colloquia
http://www.colloquia.net/
9. CoMentor
http://comentor.hud.ac.uk
10. COSE
http://www.staffs.ac.uk/COSE
11. eCollege
http://www.ecollege.com
12. Eledge
http://eledge.sourceforge.net/
13. Fle3
http://fle3.uiah.fi/
14. FirstClass http://www.softarc.com/
15. Freestyle
Learning Home 3.0 http://pcwi122.uni-muenster.de/fsl/index.php
16. ILIAS
http://www.ilias.uni-koeln.de/ios/index.html
Portal e-learning kini banyak dikembangkan dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Moodle merupakan salah satu LMS open source yang sangat populer. Moodle dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan portal sistem e-learning. Dengan Moodle, portal e-learning dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) sudah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pada bidang Pendidikan,dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-learning. Di sini, dibahas secara singkat salah satu aplikasi e-Learning yang ada, yaitu MOODLE.
D. PENGERTIAN MOODLE
MOODLE adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. MOODLE terus mengembangkan rancangan sistem dan desain user interface setiap minggunya (up to date). MOODLE tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk open-source dibawah lisensi GNU. MOODLE merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek. Dalam penyediannya MOODLE memberikan paket software yang lengkap (MOODLE + Apache + MySQL + PHP) yang dapat di download di:
http://download.moodle.org/download.php/windows/MoodleWindo
wsInstaller-latest-17.zip
Moodle diciptakan oleh Martin Dougiamas, yang menulis seluruh kode program dalam bahasa PHP, untuk disertasi doktoral di Curtin University Australia tahun 2002. Siapa penemu Moodle? Awalnya huruf “M” di akronim Moodle adalah huruf pertama dari nama awal Dougiamas, yaitu Martin.
E. FASILITAS
E-LEARNING
Pembahasan
selanjutnya akan dijabarkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh Moodle,
anatara lain:
2. mengubah
profil pribadi,
3. mengubah
setting
4. course,
5. memasukkan materi
pembelajaran,
6. membuat tugas,
7. membuat quiz,
8. membuat forum.
9. chat.
10.dan lain-lain.
Untuk lebih jelasnya proses penggunaan E-Learning dapat di baca buku Panduan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) disusun Dr. Hartono, M.Pd yang diterbitkan oleh Pusat Komputer (Puskom) UIN Suska Riau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar